Selasa, 13 Januari 2009

*it's my profession. we are dietitian. and we are important for everyone*

"mbaknya dari mana sih? dari PD, PSIK ato Gizi?"
"dari gizi mas"
"owalah...dari gizi to? ngapain sih neliti yang susah2?"
kalo tak hitung, udah beberapa kali orang berkata seperti itu kepadaku. aku jadi heran. emang ada apa sih dengan gizi? menurut mereka, ilmu gizi itu kayak apa sih?
aku bener2 gak pernah habis pikir dengan orang2 yang seperti itu. dan yang sangat disayangkan, banyak dari orang2 yang berkata seperti itu meupakan orang2 yang bekerja di bidang kesehatan.
ok. let's describe our profession. we are dietitian. disiplin ilmu kita merupakan disiplin ilmu yang berhubungan antara makanan dan kesehatan. disini kita dididik untuk bisa memberikan pencegahan serta membantu pengobatan suatu masalah kesehatan baik bagi individu maupun masyarakat. wilayah gerak kita ada 3 bidang. klinis dimana disini kita dituntut memiliki kompetensi untuk mengatasi permasalahan gizi bagi beberapa jenis penyakit. so, wilayah geraknya lebih ke individu. bidang komunitas. disini kita dituntut untuk bisa mencegah dan menyelesaikan permasalaha gizi pada sekelompok masyarakat. dan bidang ketiga adalah food service dimana disini kita dituntut untuk memiliki kemampuan manajerial di bidang penyelenggaraan makanan secara massal.
so, profesi kita itu bukan profesi yang sederhana. kita dituntut untuk menjadi orang yang memiliki kemampuan intelektualitas tinggi, kemampuan dalam bersosialisasi dan bermasyarakat dengan baik, serta memiliki kemampuan managerial yang baik.
tidak semua orang mengerti apa manfaat profesi kita. namun, kita semua harus berusaha untuk membuat mereka memahami pentingnya ilmu yang kita dalami. so, buat semua anak2 gizi, perjuangan kita masih panjang. tetap semangat dan jangan pernah berhenti untuk berjuang.


Tidak ada komentar: