Jumat, 16 Januari 2009

" Dare to be a Leader "

berbicara masalah kepemimpinan merupakan sebuah kompleksitas yang sangat unik. dimana setiap dari kita adalah pemimpin dan kita harus mempertanggungjawabkan segala sesuatu yang kita lakukan. namun, tidak semua orang menyadari bahwa mereka adalah seorang pemimpin. dan hal itulah yang menjadi tantangan terbesar dalam kehidupan berorganisasi.

ketika aku masih muda
ingin kuubah dunia
namun dunia ternyata tak kunjung berubah
maka kupersempit cita-citaku
kuputuskan hanya untuk mengubah negeriku
namun tampaknya tak berhasil juga
ketika usiaku semakin senja
dengan semnagat yang masih tersisa
kuputuskan untuk mengubah keluargaku
tapi celaka, mereka tak jua berubah
dan kini, saat aku berbaring menjemput ajal
baru kusadari "ANDAI YANG KUUBAH ADALAH DIRIKU "
maka aku bisa jadi panutan...keluargaku, masyarakatku dan bangsaku
bahkan tak mustahil dunia ada dalam genggamanku

HAKIKAT SEORANG PEMIMPIN
ing ngarso sung tolodo : seorang pemimpin di depan memberi contoh atau panutan
ing madyo mangun karso : seorang pemimpin di tengah memberi semangat dan turut bekerja bersama-sama
tut wuri handayani : pemimpin di belakang memberi dorongan agar terus maju

pada intinya, untuk membicarakan kepemimpinan, blog ini tidak akan cukup. karena seorang pemimpin itu bagaikan otak dalam tubuh kita. kompleks...tubuh asih bisa bertahan tanpa jantung dalam jangka waktu 20 menit namun tubuh tidak akan bertahan jika otak mati hanya dalam jangka waktu 5 menit.

(aku menikmati segala kesulitan ini. setelah capek dengan penelitian, aku masih dihadapkan dengan kondisi organisasi dengan orang2 yang belum semuanya bisa menjadi pemimpin. tapi dalam kondisi sekalut ini ada hal indah yang terjadi. aku tak pernah sadar bahwa aku sangat merindukan seseorang hingga kusadari bahwa lagu2 di playlist yang kuputar belakangan ini semuanya merupakan lagu2 favoritnya. where are you sist??? i miss u)

Tidak ada komentar: